Review Buku - GNOME 3 Application Development Beginner's Guide


Uploaded with ImageShack.us

Sebulan yang lalu saya diminta mereview sebuah buku karya hacker Indonesia Pak Mohammad Dhani Anwari Mohammad Taib (MDAMT).

Bukunya cukup tebal, detil dan sangat terstruktur seperti orangnya. Pengalaman bekerja sama dengan Pak MDAMT merupakan sebuah pengalaman yang tidak ternilai. Bekerja sama dengan sebuah hacker yang berpengalaman dalam hal bekerja dengan multi person dan multi lokasi.

Tidak perlu berpanjang lebar, berikut review bukunya bab-per-bab dan kesimpulannya.

--

Bab I

Bab I ini anda diharapkan dapat membuat lingkungan untuk dapat belajar GNOME yang ideal.
Dilengkapi dengan langkah-demi-langkah yg detil untuk 2 distro besar linux. Yaitu .deb dan .rpm.

Bab II

Masih tentang persiapan untuk belajar GNOME. Namun di bab ini anda akan belajar menggunakan IDE yg terintegrasi. Mengkompilasi program dan belajar untuk salah!

Bab III

Mulai dari yg sederhana. seed. The CLI version of JavaScript compiler. Setelah itu anda akan belajar tentang tipe data, loop, manipulasi array, OOP.
Setelah anda mahir di seed, lanjutkan VALA.

Bab IV

Disini anda akan belajar tentang GNOME Core Libraries. Well it's all about GNOME inside out.

Bab V

Waktunya ke GUI. Ayo berkenalan dengan GTK+ dan clutter.

Bab VI

Widgets stuff.

Bab VII

Get ready to rock and roll with GNOME Multimedia things.

Bab VIII

Bab ini belajar tentang meyimpan DATA di GNOME. Belajar tentang widget TreeView dan menggunakan Evolution Data Server untuk menyimpan data.

Bab IX

HTML 5 is the Future.

Bab X

Mengintegrasikan aplikasi kita dengan Destop GNOME. Yang dibahas tentang fungsi-fungsi utama di Destop GNOME.

Bab XI

Bagaimana caranya meng-internasionalkan aplikasi kita? Tambahkan dukungan terhadap bahasa selain Indonesia dan Inggris. Disinilah kalian belajar tentang itu, bagaimana membuat aplikasi siap dengan bahasa di seluruh dunia.

Bab XII

In every great software, there's a great Quality Control. Here we discuss about unit testing, the standard procedure for testing our code.

Bab XIII

Bab terakhir, kita membuat beberapa proyek dari pengalaman kita di bab-bab sebelumnya.

---

Kesimpulan

Saya harus mengakui, buku ini sangat detil. Dari cara memasang peralatan perang kita untuk membuat program, sampai mencari kutu dari program kita. Bahkan diawal perkenalannya kita pun disuruh membuat error supaya kita bisa tahu bagaimana menghandle error.

Buku ini memang tulisannya beginner's Guide. Tapi para pembaca diharapkan paling tidak bisa memprogram dan juga sudah mengenal dasar-dasar linux.

Buku ini bersahabat dengan para pengguna linux yang menggunakan .rpm maupun .deb. Tutorialnya dilengkapi dengan dua distro tersebut.

Oh, one more thing,I love the pop quiz. It's make me try to remember what I've read.

Comments

@angga

@Angga: Bisa dibeli di amazon atau packtpub.com. Kalau butuh bantuan untuk beli buku ini, bisa kontak saya di komentar ini.

re..

ada yang bisa kasih info gak, beli buku ini dmana dan harga nya berapa. trimz....

Wah mas budi akhirnya punya

Wah mas budi akhirnya punya buku ini juga! Saya baru baca bab contohnya aja.

Bagus mas, resensinya!

Review Bagus

Terima kasih, Kang! Saya jadi ingin beli buku ini. Sangat menarik dan berkesan review akang. Akang menjelaskan poin yang saya butuhkan secara subjektif (saya butuh review subjektif) dan akang beri tahukan ada kuis di dalam buku ini. Bagian paling menarik ketika akang tunjukkan bahwa buku ini berisi persiapa peralatan perang secara lengkap. Nomor dua, yang sangat menggemparkan, di awal buku disuruh membuat error. Sangat impresif! Terima kasih. Bermanfaat.

yg bahasa indon belom ada

yg bahasa indon belom ada nih kang?

Syndicate content